10 Manfaat Bekerja dari Coworking Space

bekerja dari coworking space

Bekerja secara remote atau jarak jauh bukan lagi menjadi hal yang aneh. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja secara hybrid atau remote. Para pekerja pun bisa bebas bekerja dari coworking space atau rumah. 

Bekerja dari coworking space menjadi area favorit bagi banyak orang, seperti freelance, pekerja remote, bahkan perusahaan startup. Pasalnya, bekerja di coworking space menawarkan pengalaman bekerja selayaknya di kantor konvensional, tetapi dengan harga terjangkau.

Kali ini kita akan membahas manfaat bekerja dari coworking space dilihat dari sisi pebisnis dan juga pekerja. Simak ulasan berikut!

Apa Itu Coworking Space?

bekerja dari coworking space
Source: Austin Distel via Unsplash

Coworking space adalah area kerja bersama dengan konsep terbuka, atau open-space, yang menggabungkan kolaborasi, komunitas, dan profesionalitas. Di area kerja coworking space ini, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan suasana seperti kantor meski sebenarnya tak sedang berada di kantor.

Mungkin banyak yang beranggapan jika area kerja di coworking space sama halnya dengan bekerja di cafe. Salah satu yang menjadi pembeda antara bekerja di cafe dan coworking space adalah fasilitas serta kondisi lingkungan kerja. 

Biasanya, ya, bekerja di cafe akan terasa kurang kondusif karena lingkungan yang cukup ramai. Sedangkan, bekerja di coworking space lebih terasa tenang dan minim gangguan. 

Siapa saja yang cocok bekerja di coworking space?

Pada dasarnya, mereka yang bekerja secara remote atau jarak jauh sangat pas untuk bekerja di coworking space. Para freelancer yang mulai jenuh bekerja di rumah pun bisa memilih coworking space sebagai tempat untuk menuntaskan pekerjaan.

Perusahaan startup dengan tim yang masih sedikit pun dapat memanfaatkan area kerja di coworking space. Pasalnya, kamu tidak perlu memesan satu ruangan untuk aktivitas bekerja bersama tim. Jadi lebih menghemat biaya, kan?

Bekerja dari coworking space bisa menjadi pilihan bila kamu ingin merasakan lingkungan yang dinamis, kolaboratif, dan baru. Bahkan, kamu juga bisa menemukan networking baru di coworking space yang berpotensi untuk rekan kerja atau bahkan klien.

Keuntungan Bekerja dari Coworking Space

bekerja dari coworking space
Source: CoWomen via Unsplash

Bekerja dari coworking space tentu memiliki banyak kelebihan yang bisa dirasakan oleh pemilik perusahaan maupun pekerja. Berikut ini adalah manfaat coworking space yang bisa kamu rasakan. Ada apa saja, ya?

1. Efisiensi harga sewa 

Keuntungan bekerja dari coworking space yang sudah pasti akan kamu rasakan adalah efisiensi budget untuk sewa tempat kerja. Hal ini berlaku untuk kamu sebagai pebisnis, pegawai perusahaan, atau pekerja lepas.

Harga sewa coworking space tentu tidak semahal kantor konvensional atau serviced office. Kamu bisa sewa area kerja di coworking space dengan harga mulai dari Rp100 ribu per hari hingga jutaan untuk satu bulan.

Perlu diingat, harga sewa coworking space akan berbeda-beda tergantung lokasi kantor, fasilitas, dan penyedia jasa layanan.

2. Biaya perawatan yang lebih rendah

Jika kamu pebisnis yang ingin memiliki area kerja siap pakai, maka bisa memilih bekerja dari coworking space. Mulai dari meja kerja, kursi, jaringan Wi-Fi, hingga pendingin ruangan sudah tersedia di coworking space

Kamu pun tak perlu repot memikirkan biaya pemeliharaan furnitur, elektronik, dan kebersihan. Biasanya pihak penyedia coworking space sudah memiliki staf yang mengelola bagian-bagian di atas. 

Jika memiliki kendala, seperti jaringan Wi-Fi yang tidak stabil atau AC yang kurang dingin, maka kamu bisa langsung melaporkannya kepada pihak penyedia coworking space.

3. Fleksibilitas durasi sewa coworking space

Coworking space menjadi salah satu alternatif terbaik untuk kamu pebisnis yang sedang mencoba sistem kerja remote. Pasalnya, penyedia coworking space memberikan fleksibilitas durasi sewa area kerja di coworking space. Hal ini tentu berbeda dengan sistem sewa ruangan di kantor konvensional.

Setiap pengguna coworking space bisa menyewa hanya satu meja kerja saja, beberapa meja kerja, atau ruang rapat sesuai kebutuhan. Kamu pun bisa menyewa area kerja mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan.

Selain itu, penyedia coworking space juga biasanya memberikan harga khusus bagi anggota member. Sangat berguna bagi kamu yang ingin menyewa coworking space dalam jangka panjang demi kepentingan tim perusahaan.

4. Fasilitas dan layanan yang berkualitas

Meski coworking space adalah area bekerja yang digunakan bersama orang lain, tetapi kamu tak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia. Penyedia coworking space biasanya akan menghadirkan beragam fasilitas untuk menunjang pekerjaan, seperti jaringan Wi-Fi yang stabil, ruangan ber-AC, pantry dengan air minum, serta penyewaan ruang rapat.

Di beberapa tempat bahkan memberikan layanan penerimaan barang dan telepon untuk anggota member yang menyewa coworking space dalam jangka waktu lama.

5. Lokasi kerja yang strategis

Tak bisa dipungkiri jika bekerja dari gedung berlokasi strategis akan memberi banyak manfaat, baik untuk pebisnis atau karyawan perusahaan. Coworking space biasanya berada di area atau gedung perkantoran strategis. Sehingga tak sulit bagi para pekerja untuk mengakses coworking space tersebut. 

Penyedia jasa coworking space juga biasanya tersebar di beberapa gedung perkantoran, area, bahkan daerah yang berbeda. Sehingga, anggota member bisa memilih lokasi kerja sesuai dengan keinginannya tanpa repot mencari coworking space terbaik.

6. Kesempatan memperluas networking

Salah satu manfaat bekerja dari coworking space adalah kesempatan untuk memperluas jejaring profesional. Diisi oleh orang dengan profesi yang serupa, tentu akan memberi peluang sebagai wadah untuk berkolaborasi dan bertukar pikiran. 

Bahkan, kamu juga bisa memanfaat networking ini untuk mencari ekspansi bisnis, klien baru, atau investor yang menjanjikan. Kunci untuk memperluas networking adalah jangan ragu untuk menceritakan bisnis kamu kepada sesama pengguna coworking space

7. Meningkatkan produktivitas

Berada di suatu lingkungan dengan mindset dan kegiatan yang serupa tentu akan membantu kita lebih fokus. Begitu juga halnya jika bekerja dari coworking space. Lingkungan profesional akan membuat kamu lebih produktif dalam bekerja.

Area kerja yang tenang dan minim gangguan pastinya bisa membantu kamu bekerja lebih efektif dan maksimal. Namun perlu diingat, terkadang area coworking juga bisa terasa sedikit ramai karena aktivitas pengguna lain.  

8. Menaikkan motivasi bekerja

Tak hanya meningkatkan produktivitas, bekerja dari coworking space ternyata juga dapat menaikkan motivasi untuk bekerja. Ruangan terbuka pada coworking space membuat kita bisa melihat progres kerja seseorang. Tentu hal ini bisa memunculkan semangat untuk terus berkarya dan berinovasi. 

Selain itu, area kerja yang ramai dengan profesional akan menjauhkan kita dari rasa kesepian dan demotivasi. Pasalnya, rasa sepi sering terjadi pada mereka yang bekerja secara remote.  

9. Kesempatan bertemu ekspertis

Ada beragam orang yang menggunakan area coworking space. Tak jarang jika para profesional dan ekspertis akan berkumpul di area coworking untuk bekerja atau membahas suatu hal. Hal inilah yang memberi kesempatan bagi kamu untuk bertanya kepada profesional yang ahli di bidangnya.  

Tak hanya mencari networking saja, kamu pun bisa menambah ilmu dari para ekspertis yang berkumpul di coworking space. Namun perlu diingat, utamakan ketepatan momen dan baca situasi jika ingin sharing dengan ekspertis.  

10. Wadah komunitas dan kolaborasi

Salah satu manfaat bekerja dari coworking space adalah wadah komunitas dan kolaborasi. Hal ini tak hanya dirasakan oleh pekerja independen saja, tetapi juga oleh pebisnis. 

Kesempatan untuk berinteraksi, bertukar pikiran, dan berkolaborasi sangat mungkin terjadi di area coworking space. Kamu pun tak perlu merasa terbebani dengan politik kantor atau perasaan kompetisi dengan pekerja lainnya. 

Berbincang dengan orang dari berbagai latar belakang dan industri tentu akan menambah wawasan dan insight. Mungkin saja kamu bisa menemukan ide brilian hasil diskusi dengan ahli IT yang bekerja di coworking space, kan?  


Itulah pengertian coworking space dan manfaat yang bisa kamu rasakan. Tak hanya harga yang lebih terjangkau sekaligus fleksibilitas, bekerja dari coworking space juga akan memberi kesempatan memperluas networking dan kolaborasi. 

Apakah kamu tertarik bekerja di coworking space? Tulis opinimu di kolom komentar.

Leave a Comment

Compare listings

Compare