Apa Itu Coworking Space? Cek 5 Perbedaan dengan Serviced Office 

apa itu coworking space

Bekerja secara remote bukan lagi menjadi hal yang baru belakangan ini. Perkembangan industri dan teknologi yang begitu masif membuka kesempatan kita untuk ekspansi bisnis bahkan tanpa harus memiliki gedung kantor sendiri. 

Tak hanya pebisnis, para karyawan pun memiliki kesempatan besar untuk merasakan kerja secara remote. Bisa saja minggu ini dia bekerja di rumah, sedangkan minggu depan bekerja dari coworking space. 

Selain coworking space, jenis kantor yang saat ini sedang naik daun adalah serviced office. Kedua tipe kantor ini tak hanya menyediakan ruangan bekerja, tapi juga berkolaborasi. 

Namun, apa itu coworking space? Apakah sama dengan serviced office? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Coworking Space

apa itu coworking space
Source: Austin Distel via Unsplash

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, apa itu coworking space? Tren tempat kerja yang sedang menjamur belakangan ini bermula pada tahun 1996 di Berlin, Jerman. Dikutip dari laman huddle.london, 17 hacker membuat suatu tempat yang mereka sebut “C-Base” sebagai area untuk berbagai ilmu dan pengalaman bagi mereka yang antusias dengan dunia komputer. 

Sejak saat itulah konsep coworking space diadopsi oleh berbagai kota di belahan dunia. Tak hanya sebatas untuk computer enthusiast saja, tetapi area coworking saat ini dapat digunakan oleh berbagai kalangan dari latar belakang yang berbeda-beda. 

Jadi, coworking space adalah suatu tempat untuk bekerja yang digunakan secara bersama-sama dengan konsep ruang terbuka atau open space. Biasanya, layout coworking space terlihat stylish, fungsional, dan modern, serta didominasi oleh meja panjang dan deretan kursi. Sehingga, semua pengguna coworking space dapat menggunakan area bekerja dengan fleksibel.

Area bekerja di coworking space dapat digunakan oleh orang dari berbagai perusahaan dengan latar belakang yang beragam, mulai dari freelancer, akuntan, investor, entrepreneur, hingga mahasiswa. Dalam area coworking space inilah kolaborasi antar individu dapat tercipta. 

Bagaimana dengan fasilitas di coworking space? Meskipun area ini digunakan bersama-sama, tetapi coworking space biasanya juga dilengkapi fasilitas lengkap sekelas kantor pada umumnya. Mulai dari pantry dengan air minum, jaringan Wi-Fi yang stabil, hingga ruang rapat yang juga bisa disewa. 

Biasanya, penyewaan area kerja di coworking space akan dihargai sesuai jumlah orang, bisa datang sebagai tim ataupun individu. Durasi sewanya pun lebih fleksibel, yakni mulai dari hitungan per satu jam hingga bulanan. 

Pengguna area coworking space dapat berbeda-beda sepanjang hari. Oleh sebab itu, Anda dapat bebas memilih area untuk digunakan. Namun, biasanya ada area tertentu yang terkadang sudah dipesan oleh para penyewa jangka panjang coworking space. Jadi, ada baiknya Anda juga memerhatikan area bekerja sebelum menggunakannya.  

Coworking space bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin bekerja di lingkungan dinamis, penuh kolaborasi, dan terasa fresh. Area ini juga bisa untuk memperluas networking, lho.

Pengertian Serviced Office

apa itu coworking space
Source: StartupStockPhotos via Pixabay

Serviced office akan menjadi jawaban bagi Anda yang menginginkan ruang kerja siap pakai. Saat ini sudah banyak pebisnis dan pelaku startup yang memilih serviced office sebagai kantor mereka. Tak jarang juga ada freelancer atau konsultan yang menyewa serviced office untuk mengedepankan sisi profesionalitas dan privasi.

Jadi, serviced office adalah ruang kantor fisik yang disewakan beserta furnitur dan pelayanan penunjang kerja lainnya, seperti resepsionis, petugas IT, dan petugas kebersihan. Koneksi internet dan AC pun biasanya sudah terpasang di dalam ruang serviced office

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan ruang rapat sebanyak yang diinginkan. Area pantry dan lounge kantor pun dapat diakses kapanpun Anda mau. 

Meski fasilitasnya terlihat sama dengan kantor konvensional, tetapi hal ini sangat terlihat dari harga sewa yang berbeda. Harga sewa kantor serviced tentu jauh lebih murah daripada kantor biasa. Ruang kantor serviced bisa disewa mulai dari Rp400 ribu per hari hingga jutaan rupiah per bulan. Tentu hal ini akan ditentukan dari fasilitas yang tersedia.

Di sisi lain, jangka waktu sewa serviced office juga terbilang lebih fleksibel dan singkat. Anda bisa menyewa kantor office hanya mulai jangka waktu satu hari hingga satu tahun. Sedangkan, jangka waktu sewa kantor konvensional biasanya berlangsung lama. 

Serviced office sangat pas disewa untuk tim yang masih berkembang sehingga anggotanya masih sedikit. Perusahaan dengan sistem kerja remote tetapi masih butuh ruangan untuk meeting dengan klien atau perusahaan yang sedang mencari market baru juga bisa menyewa kantor tipe ini.

Perbedaan Coworking Space dan Serviced Office

Setelah mengetahui pengertian coworking space dan serviced office tentu Anda juga harus mengetahui perbedaan keduanya. Berikut adalah perbedaan kedua jenis kantor ini dilihat dari berbagai aspek.

1. Harga sewa yang berbeda

Salah satu perbedaan coworking space dan serviced office yang sangat terlihat adalah harga sewa. Anda bisa menyewa satu area kerja di coworking space dengan harga mulai dari Rp100 ribu per hari. 

Sedangkan, harga serviced office biasanya dihitung sesuai luas ruangan dan jumlah orang dalam tim. Semakin luas dan banyak anggota dalam tim, maka harga sewa akan semakin mahal. 

2. Fasilitas serviced office lebih lengkap

Meski kedua jenis kantor ini memiliki konsep fasilitas yang digunakan bersama-sama, tetapi ada perbedaan kelengkapan fasilitas. Penyewa kantor serviced akan mendapatkan fasilitas penunjang operasional kantor, seperti resepsionis, cleaning staff, hingga tim IT. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ruang rapat tanpa biaya tambahan.

Di sisi lain, penyewa coworking space tidak bisa dengan leluasa menggunakan ruang rapat. Selain itu, fasilitas penunjang operasional kantor pun tidak didapatkan oleh penyewa coworking space

3. Jumlah anggota tim yang menggunakan ruangan

Perbedaan coworking space dan serviced office yang cukup terlihat adalah jumlah anggota tim yang menggunakan area kerja. Jumlah orang dalam tim yang menyewa coworking space biasanya akan lebih sedikit, bisa terdiri dari 1-3 orang saja. Tentu perusahaan memilih coworking space dengan asumsi untuk menghemat budget.

Sedangkan, tim yang menyewa serviced office biasanya beranggotakan 3-10 orang atau lebih. Meski harga sewa ruang kerja di kantor serviced lebih mahal, tetapi Anda dan tim lebih memiliki ruangan privasi dan terlihat profesional. 

4. Jenis perusahaan yang menyewa

Secara umum, coworking space biasanya disewa secara individu atau perusahaan startup dengan jumlah tim yang masih sedikit. Sehingga, mereka belum merasa membutuhkan ruangan kerja tersendiri. 

Di sisi lain, kantor serviced lebih banyak disewa oleh perusahaan startup dengan anggota tim yang sudah lebih dari 5 orang atau perusahaan yang mengadopsi sistem kerja remote. Meskipun ada juga beberapa individu profesional yang menyewa serviced office agar bisa lebih fokus bekerja atau sebagai tempat bertemu klien.

Jika Anda lebih membutuhkan lebih banyak privasi untuk bekerja, maka menyewa serviced office adalah keputusan yang tepat. Sedangkan, jika Anda ingin merasakan atmosfer kolaborasi dan komunitas yang dinamis, maka bekerja di area coworking bisa menjadi jawaban.

5. Desain ruangan yang berbeda

Meskipun hal ini bisa saja berbeda di setiap penyedia jasa, tetapi biasanya desain yang ditampilkan oleh dua jenis kantor ini akan berbeda. Coworking space identik dengan desain ruangan yang stylish, modern, dan dinamis. Pasalnya, pengguna mayoritas coworking space adalah generasi milenial dan gen-Z. 

Sedangkan, desain serviced office akan terlihat lebih korporat, profesional, dan berkelas. Sehingga sangat cocok dipilih sebagai area bekerja sekaligus tempat bertemu dengan klien atau investor bisnis. 


Itulah dia perbedaan coworking space dan serviced office untuk kepentingan operasional bisnis. Kedua jenis kantor ini merupakan solusi bagi Anda yang menjadi fleksibilitas dalam bekerja. Sehingga, bekerja tak harus selalu di ruang kerja, melainkan kombinasi di ruang bersama atau bahkan remote dari rumah.

Beberapa perbedaan yang menonjol tentu di fasilitas dan harga sewa. Anda hanya perlu memilih jenis kantor yang sesuai dengan budget serta kebutuhan. 

Jadi, mau pilih sewa di kantor yang mana? Tulis di kolom komentar!

Leave a Comment

Compare listings

Compare